·
Bagaimana filosofi Ki Hajar
Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan
penerapan pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin?
Pengambilan
keputusan seorang guru harus berpihak pada murid. Keputusan tersebut harus
mampu mengembangkan potensi yang dimiliki siswa
·
Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam
diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan
suatu keputusan?
Nilai-nilai
yang ada dalam diri kita akan menjadi salah satu acaun bagi kita dalam
pengambil keputusan. Jika nilai nilai tersebut sudah terbiasa diaplikasikan,
maka nilai nilai tersebut akan dapat berpengaruh pada saat kita mengambil
sebuah keputuan
·
Bagaimana materi pengambilan keputusan
berkaitan dengan kegiatan ‘coaching’ (bimbingan) yang diberikan pendamping atau
fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian
pengambilan keputusan yang telah kita ambil? Apakah pengambilan keputusan
tersebut telah efektif, masihkah ada pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita atas
pengambilan keputusan tersebut? Hal-hal ini tentunya bisa dibantu oleh
sesi ‘coaching’ yang telah dibahas pada sebelumnya
Dengan
belajar cara pengambilan keputusan di modul 3.1, ada peningkatan dalam
kompetensi cara pengambilan keputusan, namun tentu hal tersebut harus dilatih
agar semakin baik, termasuk pengambilan keputusan dan kegiatan coaching
.
·
Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola
dan menyadari aspek sosial emosionalnya akan berpengaruh terhadap pengambilan
suatu keputusan khususnya masalah dilema etika?
Guru
yang dapat mengelola dan menyadari aspek sosialnya akan dapat mengambil
keputusan dengan baik, karena ia akan mampu berpikir secara jernih dan tenang,
serta melihat semuanya secara konperhensif, sehingga dihasilkan pengambilan
keputusan yang tepat
·
Bagaimana pembahasan studi kasus yang
fokus pada masalah moral atau etika kembali kepada nilai-nilai yang dianut
seorang pendidik?
Nilai
yang dianut oleh pendidik akan mempengaruhi pada moral dan etikanya, atau
keputusan yang terkait dengan etika dan moral
·
Bagaimana pengambilan keputusan yang
tepat, tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif,
aman dan nyaman.
Keputusan
yang tepat akan berpihak pada siswa dan berpihak kepada kebaikan atau kebenaran
serta nilai nilai universal, dan hal ini tentu akan mendung terciptanya lingkungan
yang positif, kondusif, aman dan nyaman.
·
Apakah tantangan-tantangan di
lingkungan Anda untuk dapat menjalankan pengambilan keputusan terhadap
kasus-kasus dilema etika ini? Adakah kaitannya dengan perubahan paradigma
di lingkungan Anda?
Tantangan
tantangan tersebut akan melatih kita dalam pengambilan keputusan. Keputusan
yang dilalui melaui Langkah Langkah yang benar, akan mengasilkan keputusan akhir
yang tepat.
·
Apakah pengaruh pengambilan keputusan yang
kita ambil ini dengan pengajaran yang memerdekakan murid-murid kita? Bagaimana
kita memutuskan pembelajaran yang tepat untuk potensi murid kita yang
berbeda-beda?
Pengambilan
keputusan akan mempengaruhi kemerdekaan murid, sehingga salah satu factor pertimbangan
dalam mengampil keputusan adalah harus berorientasi pada keberpihakannya kepada
siswa. Keputusan terhadap potensi anak yang berbeda, yaitu keputusan yang memberikan
semua siswa mempunyai kesempatan untuk bertumbuh
·
Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran
dalam mengambil keputusan dapat mempengaruhi kehidupan atau masa depan
murid-muridnya?
Keputusan
harus memertimbangkan juga dengan efeknya kepada siswa dimasa depan. Keputusan
yang memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai dengan
potensinya
·
Apakah kesimpulan akhir yang dapat
Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan keterkaitannya dengan
modul-modul sebelumnya?
Pengambilan
keputusan seorang guru harus berdasarkan keberpihaknnya kepada murid, yang
mampu mengembangkan murid yang diibarkan benih, agar dapat berkembang sesuai
dengan potensinya
·
Sejauh mana pemahaman Anda tentang
konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: dilema etika dan
bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan
keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Adakah hal-hal
yang menurut Anda di luar dugaan?
Dilema
etika adalah pilihan antara dua hal yang sama sama benar, sedangkan bujukan
moral adalah pilihan antara benar dan salah.
4 paradigam dilema
etika :
1.
Individu
lawan kelompok
2.
Rasa
keadilan lawan rasa kasih sayang
3.
Kebenaran
lawan kesetiaan
4.
Jangka
pendek lawan jangka Panjang
3 prinsip/pendekatan pengambilan
keputusan yg memuat unsur dilemma etika :
1.
Berpikir
berbasis hasil akhir
2.
Berpikir
berbasis peraturan
3.
Berpikir
berbasis rasa peduli
9
langkah
pengambilan keputusan :
1.
Mengenali
nilai nilai yang saling bertentangan
2.
Menentukan
siapa yang terlibat
3.
Kumpulkan
fakta fakta relevan
4.
Pengujian
benar atau salah, Uji legal, Uji regulasi, Uji intuisi, Uji publikasi, Uji
panutan
5.
Pengujian
paradigma benar lawan benar (yg 4 paradigma)
6.
Melalukan
prinsip resolusi (3 basis berpikir)
7.
Investigasi
opsi trilemma
8.
Buat
keputusan
9.
Lihat
lagi keputusan, dan refleksikan, untuk acuan pada keputusan kasus berikutnya
·
Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah
Anda menerapkan pengambilan keputusan sebagai pemimpin dalam situasi moral
dilema? Bilamana pernah, apa bedanya dengan apa yang Anda pelajari di modul
ini?
Pernah.
Bedanya saat itu saya belum mengenal lanhkah Langkah detailnya, hingga prinsip
dan paradigma yang harus digunakan. Saat itu hanya berdasarkan pengalaman dan
pemahaman tentang pengambilan keputusan yang dimiliki
·
Bagaimana dampak mempelajari konsep
ini buat Anda, perubahan apa yang terjadi pada cara Anda dalam mengambil
keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini?
Saya
lebih hati hati dan matang dalam mengambil sebuah keputusan, dengan mengikuti Langkah
Langkah, semakin banyak pertimbangan yang harus dilihat, sehingga keputusan diharapkan
dimabil akan berdampak baik
·
Seberapa penting mempelajari topik modul
ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin?
Sangat
penting karena sebagai seorang individu dan seorang pemimpin, baik di rumah, di
sekolah, dan di masyarakat akan dihadapi dengan situasi atau posisi kita harus
mengambil keputusan, dan dengan bekal dari modul 3.1 saya sekarang memiliki
pemahaman baru tentang bagaimana cara yang benar dalam mengambil keputuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar