header

- See more at: http://www.fathurrizqi.com/2013/09/membuat-slideshow-headline-news-blog.html#sthash.yZzLRfk1.dpuf

Minggu, 12 Februari 2023

Koneksi Antar materi Modul 3.1 Tentang Pengambilan keputusan

 


·         Bagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara dengan Pratap Triloka memiliki kaitan dengan penerapan pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin?

Pengambilan keputusan seorang guru harus berpihak pada murid. Keputusan tersebut harus mampu mengembangkan potensi yang dimiliki siswa

 

·         Bagaimana nilai-nilai yang tertanam dalam diri kita, berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ambil dalam pengambilan suatu keputusan?

Nilai-nilai yang ada dalam diri kita akan menjadi salah satu acaun bagi kita dalam pengambil keputusan. Jika nilai nilai tersebut sudah terbiasa diaplikasikan, maka nilai nilai tersebut akan dapat berpengaruh pada saat kita mengambil sebuah keputuan

 

·         Bagaimana materi pengambilan keputusan berkaitan dengan kegiatan ‘coaching’ (bimbingan) yang diberikan pendamping atau fasilitator dalam perjalanan proses pembelajaran kita, terutama dalam pengujian pengambilan keputusan yang telah kita ambil? Apakah pengambilan keputusan tersebut telah efektif, masihkah ada pertanyaan-pertanyaan dalam diri kita atas pengambilan keputusan tersebut? Hal-hal ini tentunya bisa dibantu oleh sesi ‘coaching’ yang telah dibahas pada sebelumnya

Dengan belajar cara pengambilan keputusan di modul 3.1, ada peningkatan dalam kompetensi cara pengambilan keputusan, namun tentu hal tersebut harus dilatih agar semakin baik, termasuk pengambilan keputusan dan kegiatan coaching

.

·         Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola dan menyadari aspek sosial emosionalnya akan berpengaruh terhadap pengambilan suatu keputusan khususnya masalah dilema etika?

Guru yang dapat mengelola dan menyadari aspek sosialnya akan dapat mengambil keputusan dengan baik, karena ia akan mampu berpikir secara jernih dan tenang, serta melihat semuanya secara konperhensif, sehingga dihasilkan pengambilan keputusan yang tepat

 

·         Bagaimana pembahasan studi kasus yang fokus pada masalah moral atau etika kembali kepada nilai-nilai yang dianut seorang pendidik?

Nilai yang dianut oleh pendidik akan mempengaruhi pada moral dan etikanya, atau keputusan yang terkait dengan etika dan moral

 

·         Bagaimana pengambilan keputusan yang tepat, tentunya berdampak pada terciptanya lingkungan yang positif, kondusif, aman dan nyaman.

Keputusan yang tepat akan berpihak pada siswa dan berpihak kepada kebaikan atau kebenaran serta nilai nilai universal, dan hal ini tentu akan mendung terciptanya lingkungan yang positif, kondusif, aman dan nyaman.

 

·         Apakah tantangan-tantangan di lingkungan Anda untuk dapat menjalankan pengambilan keputusan terhadap kasus-kasus dilema etika ini? Adakah kaitannya dengan perubahan paradigma di lingkungan Anda?

Tantangan tantangan tersebut akan melatih kita dalam pengambilan keputusan. Keputusan yang dilalui melaui Langkah Langkah yang benar, akan mengasilkan keputusan akhir yang tepat.

 

 

 

·         Apakah pengaruh pengambilan keputusan yang kita ambil ini dengan pengajaran yang memerdekakan murid-murid kita? Bagaimana kita memutuskan pembelajaran yang tepat untuk potensi murid kita yang berbeda-beda?

Pengambilan keputusan akan mempengaruhi kemerdekaan murid, sehingga salah satu factor pertimbangan dalam mengampil keputusan adalah harus berorientasi pada keberpihakannya kepada siswa. Keputusan terhadap potensi anak yang berbeda, yaitu keputusan yang memberikan semua siswa mempunyai kesempatan untuk bertumbuh

 

·         Bagaimana seorang pemimpin pembelajaran dalam mengambil keputusan dapat mempengaruhi kehidupan atau masa depan murid-muridnya?

Keputusan harus memertimbangkan juga dengan efeknya kepada siswa dimasa depan. Keputusan yang memberikan siswa kesempatan untuk mengembangkan diri sesuai dengan potensinya

 

·         Apakah kesimpulan akhir  yang dapat Anda tarik dari pembelajaran modul materi ini dan keterkaitannya dengan modul-modul sebelumnya?

Pengambilan keputusan seorang guru harus berdasarkan keberpihaknnya kepada murid, yang mampu mengembangkan murid yang diibarkan benih, agar dapat berkembang sesuai dengan potensinya

 

·         Sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda di luar dugaan?

Dilema etika adalah pilihan antara dua hal yang sama sama benar, sedangkan bujukan moral adalah pilihan antara benar dan salah.

 

4 paradigam dilema etika :

1.       Individu lawan kelompok

2.       Rasa keadilan lawan rasa kasih sayang

3.       Kebenaran lawan kesetiaan

4.       Jangka pendek lawan jangka Panjang

 

3 prinsip/pendekatan pengambilan keputusan yg memuat unsur dilemma etika :

1.       Berpikir berbasis hasil akhir

2.       Berpikir berbasis peraturan

3.       Berpikir berbasis rasa peduli

 

9         langkah pengambilan keputusan :

1.       Mengenali nilai nilai yang saling bertentangan

2.       Menentukan siapa yang terlibat

3.       Kumpulkan fakta fakta relevan

4.       Pengujian benar atau salah, Uji legal, Uji regulasi, Uji intuisi, Uji publikasi, Uji panutan

5.       Pengujian paradigma benar lawan benar (yg 4 paradigma)

6.       Melalukan prinsip resolusi (3 basis berpikir)

7.       Investigasi opsi trilemma

8.       Buat keputusan

9.       Lihat lagi keputusan, dan refleksikan, untuk acuan pada keputusan kasus berikutnya

 

 

 

 

·         Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan pengambilan keputusan sebagai pemimpin dalam situasi moral dilema? Bilamana pernah, apa bedanya dengan apa yang Anda pelajari di modul ini?

Pernah. Bedanya saat itu saya belum mengenal lanhkah Langkah detailnya, hingga prinsip dan paradigma yang harus digunakan. Saat itu hanya berdasarkan pengalaman dan pemahaman tentang pengambilan keputusan yang dimiliki

 

·         Bagaimana dampak mempelajari konsep  ini buat Anda, perubahan  apa yang terjadi pada cara Anda dalam mengambil keputusan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran modul ini?

Saya lebih hati hati dan matang dalam mengambil sebuah keputusan, dengan mengikuti Langkah Langkah, semakin banyak pertimbangan yang harus dilihat, sehingga keputusan diharapkan dimabil akan berdampak baik

 

·         Seberapa penting mempelajari topik modul ini bagi Anda sebagai seorang individu dan Anda sebagai seorang pemimpin?

Sangat penting karena sebagai seorang individu dan seorang pemimpin, baik di rumah, di sekolah, dan di masyarakat akan dihadapi dengan situasi atau posisi kita harus mengambil keputusan, dan dengan bekal dari modul 3.1 saya sekarang memiliki pemahaman baru tentang bagaimana cara yang benar dalam mengambil keputuan

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar