Materai
Modul 1.4 tentang Budaya Postitif, adalah materi tentang menciptakan lingkungan
yang berpihak padamjurid, membut murid Nyman sehingga membantunya untuk
mengembangkan potensi yang dimiliki yang muird murid di sekolah.
Aksi
nyata yang berkaitan dengan Bdaya Positif ini di sekolah yang sudah saya
laksanakan diantaranya adalah membuat keyakinan kelas Bersama siswa saya di
kelas VI UPTD SDN 1 Situbatu. Saya ajak siswa saya untuk menuliskan dan menyampaikan
hal hal positif, kalaimat kalimat positif yang dapat menjadi acuan dalam
beriskap dan berprilaku. Kalmat kalimat postif tersebut juga dapat ditulis
berdasarjan masalah masalah yang terjadi baik di kelas mauoun di sekolah,
sehingga menjadi solusi.
Kemudian
setelah semua siswa menuliskan keaykinan postif yang harus di laksanakan,
berikutnya saya sebagai guru mrangkum, menjadi beberapa poin penting. Kemudian disampaikan
Kembali kepada siswa untuk dikonfirmasi, apakah sudah sepakat atau belum.
Setelah disepakati oleh siswa maka keyakina kelas tersebut di tulis dan dicetak
kemudian ditempel di tempat yang terlihat oleh siswa setiap hari.
Aksi
nyata lainnya adalah penerapan segitiga restitusi kepada dua siswa saya yang
telah melakukan kelsahan, ayitu tidak mengerjakan tugasnya dan mencorat coret
buku paket. Saya berbicara dengan kedua anak tersebut, dengan pendekatan
segituga restitusi, hingga mereka menyampaikan solusinya agar perbuatan
tersebut tidak diulangi.
Berikutnya
saya melaksanakan sesi berbagi dengan guru-guru di sekolah saya mengenai budaya
positif, setelah sebelumnya meminta izin kepada kepala sekolah. Pelaksanaan sesi
berbagi ini diharapkan guru lain juga memahami dan melaksanakan budaya positif
di kelasnya masing masing, sehingga budaya positif di sekoalh saya dalam terwujud.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar